The Beach Boys “That’s Why God Made The Radio” Review

Istimewa

Masih hangat di telinga saya, suara lembut dengan sebuah pertanyaan, “Liat The Beach Boys di Grammy Award gak?”. Segera saya searching di Youtube, dan video penampilan mereka di event tersebut saya temukan.

Sial, Youtube kini leluasa menghapus video berkualitas bagus jika bertubrukan dengan hak cipta, dan kali ini penampilan klasik The Beach Boys yang jadi korban. Walhasil video buram yang saya saksikan.

Tetapi kegembiraan menengok sebuah group musik berumurkan 50 tahun yang kembali reunian sungguh tidak terhingga, kekesalan untuk Youtube dapat tertutupi. Pria-pria California yang tetap energik.  Brian Wilson dengan ekspresi datar akibat penyakit yang diderita, ataupun Al Jardine yang semakin keriput tetapi tetap terlihat segar.

Tak sampai hitungan setengah tahun setelah menonton reunian itu, kabar indah saya temui: The Beach Boys merilis sebuah single baru. Single berjudul “That’s Why God Made The Radio” yang akan menjadi awal dari ombak besar pada awal Juni 2012 nanti, sebuah album reuni dengan komposisi 100% baru. Dibuat dengan formasi lengkap tentunya. Para punggawa asli The Beach Boys yang masih menghirup udara di bumi, Brian Wilson, Mike Love, dan Al Jardine. Ditambah anggota yang bergabung belakangan, Bruce Johnston dan David Marks sang tetangga “Wilson Family”.

Sekilas, lagu ini dengan hentakan awalnya entah mengapa mengingatkan saya pada Jellyfish. Dan sekilas lagi, dengan vokalnya seakan bernuansa Brian Wilson ketika tampil solo. Tapi oh, mungkin saya terlalu banyak mendengar keduanya dan sedikit melupakan The Beach Boys yang lalu. Karena lebih dari sekedar sekilas, ini adalah The Beach Boys yang membawa kembali kita ke tahun 60an.

Ketika para pria California memutuskan “That’s Why God Made The Radio” sebagai lead-single album reunian berjudul “Celebration”, bolehlah kita berharap lagu ini akan jadi penanda segarnya lagu-lagu lainnya. Diawali percikan ombak kecil, disusul dengan ombak besar nan menyegarkan.