Ngobrol Musik dan Rasa : Gardika Gigih dan Tomy Herseta

Sesi improvisasi berlangsung selama 35 menit 9 detik, mengalir begitu saja tanpa ada bayangan persis sebelumnya mengenai bagaimana bahasa piano Gigih dapat bersua dengan sekian variabel bunyi noise dan elektronik dari ‘perkakas kerja’ Tomy.

Gigih dan Tomy pertama kali bertemu dan berkenalan di Bandung pada September 2017, kala itu dalam sebuah sesi rekam video untuk keperluan album perdana Gigih. Pertemuan berlangsung tanpa banyak basa basi dan keduanya pun lebih memilih untuk ‘mengobrol’ lebih lanjut melalui improvisasi elektronik dan piano sambil direkam secara live.

Sesi improvisasi berlangsung selama 35 menit 9 detik, mengalir begitu saja tanpa ada bayangan persis sebelumnya mengenai bagaimana bahasa piano Gigih dapat bersua dengan sekian variabel bunyi noise dan elektronik dari ‘perkakas kerja’ Tomy. Walhasil, improvisasi tersebut murni dituntun oleh keyakinan kreatif dari keduanya. Begitulah kolaborasi ini lahir dengan begitu saja. “Phases” adalah album hasil dari kolaborasi ini yang dirilis oleh Sorge Records,1 Juli 2022.

Video ini merupakan hasil rekaman seri diskusi daring via Intagram dengan  Gigih dan Tomy, yang diselenggarakan Minggu, 3 Juli 2022. Dalam diskusi yang dipandu oleh Rangga “Bangke” Wiraspati ini, Gigih dan Tomy bercerita tentang pengalaman kolaborasi dan pendekatan mereka terhadap musik dan bebunyian. Selamat menyimak.