Kompilasi Sayang Presiden (KSP) #1 – Perppu Ormas, dan Segala Hal yang Membuat Hatiku Amblas

Sorge Visual

Kompilasi Sayang Presiden (KSP) adalah sekumpulan tembang/video/soundbytes romantis untuk Presiden kita di tengah dunia yang semakin alergi terhadap cinta kasih. Segenggam komposisi ini dibawakan langsung oleh para sahabat kental Presiden yang sama-sama jatuh hati dan teramat peduli dengan kebahagiaan Pakde kita semua. Kompilasi ini dirancang khusus untuk mentransmisikan isyarat sayang, bahasa kalbu gejolak rindu, siulan gombal penangkal jiwa-jiwa kosong yang bersemayam di bathin mereka yang ingin memisahkan Pakde dari rakyatnya yang dimabuk asmara.

Di kompilasi perdana ini, KSP menyajikan nomor segar mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No. 2 tahun 2017 mengenai Organisasi Masyarakat. Peraturan pengganti UU No 17 Tahun 2013 ini memberikan wewenang kepada pemerintah untuk mencabut status badan hukum dan membubarkan Ormas yang dinilai “menganut, mengembangkan, serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila” tanpa harus menempuh proses peradilan.

Tak hanya bagi Hizbut Tahrir Indonesia, Perppu ini akan berdampak besar terhadap kebebasan berserikat warga yang dijamin oleh konstitusi. Apakah ini pertanda bahwa pemerintahan Pakde kian bergulir ke arah otoritarianisme? Mengapa ada banyak elemen masyarakat sipil yang malah menyambut Perppu ini? Apakah komunitas gaple Karang Taruna saya akan ikut dibubarkan?

Kompilasi yang digadang-gadang meraih Juara Harapan I pada Kontes Cipta Lagu 17-an ini dibawakan dengan elegan oleh Haris Azhar, aktivis kawakan sekaligus pemerhati skena Rawamangun. Di tangan Haris, dapat kita rasakan afeksi yang meluap terhadap segala hal yang meliputi Perppu ini. Tanpa bermaksud serakah, KSP memberanikan diri untuk mengundang kolaborator lain untuk tembang ini. Ifdhal Kasim, Mantan Ketua Komnas HAM periode 2007-2012 yang kini aktif sebagai Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP – kesamaan nama adalah kebetulan semata) dengan berbaik hati bersedia unjuk kemampuan mendampingi lantunan Haris. Hasilnya dapat saudara simak sendiri.

Ok. Tombol play telah ditekan dan kompilasi ini resmi dimulai. Tinggalkan dulu tetek bengek pekerjaan dan resapi parade cinta kasih yang akan lewat di hadapan saudara. Akhir kata, walaupun kodok-kodok kita sudah habis dimangsa, KSP percaya bahwa cinta selalu lebih perkasa.