Episode “Ngebelain Circle Sendiri”

Argumentasi ini kerap disampaikan dari lingkaran teman-teman aktivis yang berteman dengan pelaku. Bisa jadi kultur gerakan sosial hari ini masih maskulin.

Kasus kekerasan seksual terhadap perempuan kerap terjadi di gerakan sosial. Upaya korban untuk menuntut keadilan terkadang dianggap sebagai upaya oknum untuk menghancurkan gerakan. Argumentasi bahwa korban mengada-ngada dan berupaya menjatuhkan kredibilitas pelaku atau gerakan sering kita dengar bila menyangkut kasus kekerasan seksual. Argumentasi ini kerap disampaikan dari lingkaran teman-teman aktivis yang berteman dengan pelaku. Bisa jadi kultur gerakan sosial hari ini masih maskulin.

Dalam WAS WES WOS episode “ngebelain circle sendiri”, Charlie Albajili dan Jeanny Sirait membahas soal pengalaman bersinggungan dengan kasus kekerasan seksual di lingkungan kerjanya, yang kebetulan adalah salah satu organisasi yang bergiat di gerakan sosial. Semoga obrolan mereka bisa menjadi bahan refleksi dan diskusi di teman-teman. Selamat menyimak…