banner ad
banner ad

Wawancara Zoo – Dibalik Prasasti

January 29, 2013

Saya lupa kapan (menunjukkan waktu) pertama kali mendengar Zoo, tapi saya ingat seorang kawan, Rangga Wiraspati merekomendasikan kepada saya ketika saya “merampok” MP3-nya. “Nih to, dengerin deh keren” begitu katanya. Saya hanya mencopy dan tidak mendengarkan saat itu juga.

Begitu sampai rumah saya memeriksa berkas-berkas mp3 yang saya copy dari Rangga, dan tibalah pointer mouse saya ke satu folder, Zoo – Trilogi Peradaban. Klik…dan muncul tiga folder lagi; Babak 1 – Neolithikum, Babak 2 – Mesolithikum, dan Babak 3 – Paleolithikum. Wahh…apaan nih, dalam hati saya. Lalu saya mendengarkan salah satu lagunya, di folder Babak 1 – Neolithikum, lagu pertama “Manekin Bermesin” dan saya terperangah mendengarnya. Hanya satu kata yang terlintas dalam pikiran saya, KEREN. Saya penasaran ke lagu berikutnya dan kembali terperangah, gila nih band. Experimental / Math-rock; mirip sebuah sirkus yang ramai, berisik, liar, cepat, namun berpola. Semua itu dipadukan dengan lirik yang puitis dengan gaya bernyanyi seperti bersajak, bermonolog, dan berteater.

Itulah perkenalan pertama saya dengan Zoo, sebuah band eksperimental rock asal Yogyakarta; Hingga berapa tahun kemudian, saya melihat salah satu even di Facebook, yang mengatakan mereka akan meluncurkan album baru, Prasasti. Wow…ini tidak boleh saya lewatkan, saya harus mendapat wawancara mereka dan merekam penampilan mereka, itu pikiran saya. Langsung saya kontak Dede (Wastedrockers) sebagai salah satu penyelenggara acara untuk meminta waktu wawancara, dan Dede mengatakan ok. Segera saya buka google, mencari referensi, wah..saya harus nanya apa. Saya sms beberapa teman untuk meminta masukan, yapp akhirnya muncul keyword di kepala “pesan”, “Creative Common”, “cara bernyanyi” (terimakasih kepada Bramantya Basuki untuk pertanyaan ini); dan sisanya saya akan serahkan ke Rangga (yah Rangga yang itu, yang merekomendasikan saya untuk mendengar Zoo)

Peluncuran album Zoo, diadakan hari Jumat (25 Januari) di Demajors, Jakarta Selatan. Saya dikenalkan oleh Dede untuk mewancarai Zoo, sialnya Rangga belum datang, karena  kemacetan Jakarta. The show must go on dan saya sendiri lah yang mewawancarai mengambil gambar. Akhirnya saya mengajukan pertanyaan sebisa-nya dan seingatnya.

Dan selamat menikmati sajian video dari Sorgemagz ini, wawancara dan sedikit penampilan Zoo di Pesta Peluncuran Album Prasasti.

 

Salam

Dhito

PS: Terimakasih untuk Wastedrockers, Yes No Wave, dan Demajors sebagai penyelenggara acara kalian sungguh keren.

 

Bookmark and Share

Tags: , , , , , ,

Category: Video

Leave a Reply