banner ad
banner ad

Album Review: Annie Hall – Saudade EP

December 1, 2016
Foto: @hemarecords

Foto: @HemaRecords

Oleh: Bajik Assora

Ada kekhawatiran yang sempat terdengar di beberapa pegiat skena bahwa Annie Hall, unit shoegaze dari Yogyakarta, hanya akan berakhir sebagai the-so-called shoegaze band. Hal ini mengingat banyaknya grup musik dari Kota Pelajar tersebut yang mengusung aliran shoegaze tapi tak jarang terjebak ke cabang-cabang subgenre lainnya seperti dreampop, surf-pop, post-rock hingga coldwave sekalipun. Namun setidaknya, dari single pertama yang dirilis via Hema Records – label rekaman asal Solo – bertajuk ‘Hollow’, anggapan miring tersebut sejenak sirna. Ada nuansa shoegazing lawas ’90an ala Jesus and Mary Chain era ‘Psychocandy’, Slowdive, hingga (satu yang paling mainstream) My Bloody Valentine.

Nuansa serupa yang ditawarkan dalam single tersebut menjadi dominan dalam mini-album mereka, Saudade. Dengan empat lagu berdurasi total sekitar 24 menit, Annie Hall terdengar mencoba mengambil saripati unggul dari berbagai aliran lain diluar shoegaze. Mulai dari heavy-drone ala Boris (seperti yang ditemukan dalam interlude lagu ‘The Wall’ dan ‘Million Dreams’), noise-rock ala Jesu dan Whirr, hingga secuil sentuhan doom ala Sunn O))) yang terdengar dari ketukan drum yang lambat di keseluruhan album. Meskipun begitu, ‘Saudade’ masih memberikan kejutan manis berupa ritme drum cepat yang dihadirkan dalam lagu ‘The Wall’ yang saya anggap sebagai best track dalam album ini.

Namun demikian, apa yang membuat ‘Saudade’ menjadi istimewa adalah bagaimana Annie Hall mampu meramu segenap formulasi diatas dengan komposisi mereka sendiri. Hal tersebut menjadikan materi mini-album ini begitu padat, tanpa harus terjebak dalam pembawaan aliran-aliran yang tercampur aduk di setiap lagunya. Dengan begitu, ‘Saudade’ seolah dapat memuaskan telinga berbagai penikmat shoegaze, baik pendengar shoegaze puritan era 90-an (:p) maupun pendengar nu-gaze kekinian.

 

Bajik Assora adalah mahasiswa yang sedang pontang-panting menyelesaikan skripsi. Sehari-hari aktif sebagai kurir di Sorge Records.

Bookmark and Share

Tags: , , , ,

Category: Albums, Resensi

Leave a Reply