banner ad
banner ad

[Aksi Warga] #DipasungSemenJilid2 Hari 1 l Depan Istana Negara – Jakarta l 13 Maret 2017

March 14, 2017

“Kami mau gimana lagi” ujar Sukinah, salah satu petani Pegunungan Kendeng asal Rembang, Jawa Tengah yang melakukan (lagi) aksi memasung kakinya dengan semen untuk menolak pendirian pabrik Semen Indonesia di Kabupaten Rembang.

Tahun 2016 lalu, Sukinah bersama teman-temannya melakukan aksi memasung kakinya dengan semen (lihat dokumen visualnya di tautanĀ http://www.sorgemagz.com/2-hari-dipasungsemen-l-jakarta-12-13-april-2016/#.WMdhg_JbXDc ) untuk menolak pembangunan pendirian pabrik Semen Indonesia, setelah dua hari akhirnya mereka ditemui oleh tim Kantor Staf Presiden (KSP). Lalu pada 2 Agustus 2016, Presiden Jokowi juga sempat menerima para petani Kendeng. Dalam pertemuan tersebut, Presiden memerintahkan KSP bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menunda izin tambang di Pegunungan Kendeng. Bahkan pada 5 Oktober 2016, Mahkamah Agung mengeluarkan Putusan Peninjauan Kembali No 99 PK/TUN/2016 yang mengabulkan gugatan Petani Kendeng dan mencabut Izin Lingkungan Pembangunan dan Pertambangan Pabrik PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang. Walaupun begitu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengeluarkan Izin Lingkungan, dengan mengabaikan Putusan MA dan perintah Presiden. Selain di Rembang, industri semen saat ini mulai menggempur Pegunungan Kendeng di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kemarin (13/3) para Petani Kendeng kembali melakukan aksi memasung kakinya di Depan Istana Negara, Jakarta. Mereka datang dari Rembang, Pati, Blora, Grobogan. Mereka berencana untuk tidak melepas pasung semen di kakinya hingga pembangunan pabrik semen dihentikan. Berikut dokumen visual hari pertama aksi #DipasungSemenJilid2

Bookmark and Share

Tags: , , , ,

Category: Dari Garis Depan, Video, Video

Leave a Reply