(Event) Bandung New Emergence volume 5

Poster Acara
Istimewa
Poster Acara
Poster Acara

Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) dengan bangga mempersembahkan Bandung New Emergence (BNE) volume 5. BNE, program pameran reguler dua tahunan SSAS, telah menjadi ajang yang dinanti karena mewakili suatu upaya untuk memantau kecenderungan terkini praktik seni rupa kontemporer Bandung. Selain fokusnya pada seniman muda, yang menjadikan BNE unik adalah perbedaan metode kuratorial yang ditawarkan oleh setiap volume.

Kini dalam volume ke 5, kurator Mitha Budhyarto dan Sally Texania mengambil peran sebagai fasilitator. Pada dekade-dekade terakhir di abad 20, kita telah menyaksikan tarik-menarik antara kesenian dengan area-area lain menjadikannya suatu bidang yang ekspansif; batasan-batasan seni yang terus diregang membuatnya terlihat begitu cair dan lentur. Dampaknya, pola artistik yang telah lama mapan menghadapi tantangan-tantangan baru. Di sisi lain, bermacam-macam upaya untuk mempersoalkan dan membongkar pola artistik yang dianggap telah menjadi mapan– yang saat ini banyak dikenal melalui konsep-konsep seperti “kolaboratif”, “berbasis-riset”, “relasional” dan “partisipatif” –tetap harus dimaknai secara kritis.

Dengan latar belakang ini, para seniman yang terlibat di BNE vol. 5 diundang untuk mencoba pola praktik kesenimanan yang berbeda dari apa yang sudah menjadi kebiasaan mereka sejauh ini. Berbeda dengan pameran pada umumnya, yang memiliki sebuah ‘tema’ atau ‘tajuk’ sebagai benang merah, yang mengikat para seniman di sini adalah bagaimana mereka bereksperimentasi dengan pola praktik artistik mereka. Di sini, sebagai fasilitator, para kurator memiliki peran ganda: memfasilitasi bagaimana para seniman dapat merumuskan dan mengimplementasikan strategi dan metode berkarya tersebut, serta memfasilitasi bagaimana pengunjung dapat membangun relasi dengan karya-karya yang ada dalam konteks diseminasi pengetahuan.

Adapun rincian kegiatan adalah sebagai berikut:

Pameran Bersama Seniman Muda Bandung

17 Oktober – 9 November 2014

Ruang B dan Ruang Sayap, Selasar Sunaryo Art Space (SSAS)

Jl. Bukit Pakar Timur No. 100

Bandung 40198

Seniman: Agus Novianto, Aulia Ibrahim Yeru, Bonggal Hutagalung, Eldwin Pradipta, Maharani Mancanagara, Mirfak Prabowo, Marayana, Nurrachmat Widyasena, Resatio Adi Putra, Zaldy Armansyah.

Kurator: Mitha Budhyarto dan Sally Texania.

 

Pembukaan Pameran

Jumat, 17 Oktober 2014

Pk. 19.00 WIB

di Amphiteater

Dibuka oleh Natasha Sidharta

Program Publik:

BNE vol. 5 – Screening 

Sabtu, 18 Oktober 2014, Pk. 15.00 – 17.00 WIB, di Bale Handap.

Penayangan beberapa klip video pendek yang membahas variasi moda produksi artistik dari beberapa seniman kontemporer dunia dan kaitannya dengan BNE Vol. 5 yang memberi penekanan pada perluasan praktik artistik.

 

BNE vol. 5 – Curators’ and Artists’ Talks

Minggu, 19 Oktober 2014,

Pk. 14.00 – 17.00 WIB,

di Bale Handap.

Diskusi dengan para kurator dan seniman untuk membahas konsep pameran, terutama urgensi perluasan moda produksi serta eksplorasi praktik artistik bagi para seniman muda dan menampilkan proses berkarya sebagai sarana diseminasi pengetahuan kepada publik.

Narasumber: Mitha Budhyarto, Sally Texania dan para seniman BNE vol. 5

Moderator   : Chabib Duta Hapsoro

Penanggap  : Asmudjo J. Irianto

 

BNE vol. 5 – Workshops 

Sabtu, 08 November 2014 dan Minggu, 09 November 2014,

Pk. 14.00 – 17.00 WIB,

di Bale Handap.

Seri lokakarya dengan tujuan mengeksplorasi dua jenis medium dan teknik yang terbilang masih jarang digunakan dan dibahas di dunia seni dan kreatif Bandung.

 

Lokakarya pengecoran bersama Conture Indonesia

Sabtu, 8 November 2014.

Eksplorasi teknik pengecoran (concrete) untuk membuat benda-benda pakai.

Lokakarya pemrograman bersama Agus Novianto, Aulia Ibrahim Yeru

Minggu, 9 November 2014.

Lokakarya pengenalan teknik programming, untuk kebutuhan penciptaan karya seni dan desain interaktif berbasis multimedia. Lokakarya ini mengundang Sembilan Matahari.

Durasi Pameran

17 Oktober 2014 s.d. 9 November 2014

Ruang B dan Ruang Sayap, Selasar Sunaryo Art Space Jl. Bukit Pakar Timur No. 100 Bandung 40198

(Buka setiap hari Selasa s.d. Minggu, Pk. 10.00 – Pk. 17.00 WIB,tutup pada hari Senin & hari libur nasional)